10 Cara Merawat Kucing Dengan Tepat Dan Sehat

Bagaimana sih cara merawat kucing  yang tepat dan benar? Bagi anda yang baru saja memelihara kucing tentunya wajib untuk memperhatikan cara-cara merawat serta memelihara kucing dengan tepat. Mengapa demikian? Karena seperti yang telah masyarakat umum ketahui, kucing itu dikenal sebagai hewan sensitif, sehingga dibutuhkan keterampilan khusus dalam merawatnya agar ia selalu terjaga dengan kondisi yang sehat dan baik. Ingin tau bagaimana cara merawat hewan tersebut dengan tepat? simaklah penjelasannya di bagian bawah ini:

  1. Dibandingkan dengan kucing dewasa, anak kucing tentunya membutuhkan gizi dua kali lebih besar. Namun dalam hal ini bukan berarti anda harus selalu memberikan makan dengan jumlah yang lebih banyak.  Akan tetapi berikanlah kucing tersebut makan dengan waktu yang teratur. Seperti halnya empat kali setiap harinya.

  2. Hindari memberikan jenis makanan untuk hewan lain pada kucing, seperti halnya makanan anjing. Mengapa demikian? Karena makanan anjing umumnya mengandung taurin, sedangkan kucing membutuhkan nutrisi yang dapat mencegah penyakit jantung serta menghindari penglihatan yang kabur.

  3. Apabila kucing yang anda miliki telah berusia 8 hingga 10 bulan, maka anda dapat membiasakannya untuk mengkonsumsi jenis makanan rumah seperti halnya nasi dengan susu. Hal seperti ini sebaiknya anda lakukan sejak dini agar kucing tersebut dapat terbiasa.

  4. Untuk memandikan kucing, tidak perlu anda lakukan dengan teratur. Dalam hal ini sebaiknya kucing dimandikan apabila bulu yang dimilikinya telah berbau. Namun dalam proses memandikan kucing itu sendiri sebaiknya anda lakukan dengan menggunakan air dingin dan hindari penggunaan air panas karena hal tersebut dapat merusak kulit kucing dan menjadikannya iritasi.

  5. Dalam proses perawatan kucing, selanjutnya biasakan untuk menyikat bulu kucing yang anda miliki secara teratur. Hal ini sangat baik untuk dilakukan karena dapat menghilangkan rambut mati, dan menjaga kucing dari kuman serta bakteri yang terdapat di dalam kucing.

  6. Pastikan pula untuk memiliki waktu keluar atau bermain bersama kucing. Pasalnya kegiatan fisik tersebut dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan dari anak kucing dengan lebih baik.

  7. Mengajarkan aktivitas sehari-hari. Dalam hal ini anda dapat mengajarkan kucing untuk makan di waktu yang tepat kemudian membiasakan kucing untuk membuang kotoran di toilet serta tidur di dalam kandang.

  8. Bersikap tegas pada perilaku buruk yang dilakukannya juga menjadi bagian penting yang wajib untuk anda lakukan. Dengan demikian, maka kucing pun akan mengerti mana tindakan buruk serta baik dan dapat memilih tindakan mana saja yang dapat dan tidak boleh dilakukan olehnya.

  9. Vaksinasi, bagian yang satu ini menjadi hal wajib yang harus diperhatikan. Pasalnya vaksinasi merupakan kegiatan wajib yang juga rutin untuk dilakukan agar kucing peliharaan anda dapat terhindar dari virus serta beragam jenis penyakit lainnya. Karena itulah bagi anda yang memelihara hewan terutama kucing, pastikanlah untuk segera memeriksakannya pada dokter hewan untuk mendapatkan vaksinasi dan menjadikan kondisi tubuh kucing tersebut jauh lebih sehat dari sebelumnya.

  10. Bentuk perawatan paling akhir yang juga tidak kalah penting untuk anda lakukan adalah bentuk perawatan bagi tubuh kucing. Seperti halnya menjaga kebersihan telinga kucing, mencuci gigi kucing serta menjaga kebersihan dari bagian kuku kucing. Beberapa spot tersebut sangat rentan akan kuman serta bakteri. Karena itulah apabila dibiarkan kotor dan tidak segera dibersihkan umumnya akan menimbulkan infeksi yang tentunya membahayakan bagi kesehatan kucing.

Demikianlah kiranya beberapa tahapan langkah dari cara merawat kucing dengan tepat dan cukup mudah untuk anda lakukan.