Kesalahan Dalam Memelihara Kucing yang Harus Dihindari

Sebagai pemelihara kucing yang masih pemula maka mungkin saja anda melakukan kesalahan-kesalahan kecil, meskipun tidak berdampak besar namun perlu diperhatikan dengan baik. Menghindari kesalahan pemeliharaan semaksimal mungkin adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar tidak sampai cara pemeliharaan tersebut menyakiti hewan peliharaan rumahan ini meskipun bukan secara sengaja dilakukan.

Tidak Memperhatikan Kebersihan Kucing

Kebersihan dalam hal ini tidak hanya mengenai rutinitas mandi tetapi juga bagian tubuh lainnya secara detail. Bagian tubuh yang harus juga diperhatikan dan dibersihkan secara rutin adalah telinga, kuku, membersihkan giginya, menyisir bulunya dan memperhatikan kebersihan bagian tubuh lainnya. Tidak hanya bagian tubuh tetapi kebersihan pasir yang dijadikan sebagai toiletnya juga harus diperhatikan agar tidak menimbulkan penyakit. Jika anda merasa kurang maksimal saat melakukannya sendiri maka bisa memanfaatkan jasa dari salon hewan dengan menyisihkan budget khusus.

Memberikan Makanan Sembarangan

Terkadang dengan memberikan makanan seoptimal mungkin untuk si kucing adalah bentuk majikan yang memanjakan hewan peliharaannya. Namun jika porsinya tidak diperhatikan dan anda membiarkan peliharaan ini dalam keadaan obesitas tentu juga dapat menimbulkan resiko terhadap kesehatannya bahkan sangat membahayakan. Meskipun terlihat lucu namun akan lebih baik jika memberikan porsi makan sesuai dengan berat badannya sehingga kesehatan si kucing bisa dijaga semaksimal mungkin.

Memberikan makanan jenis dry food yang ada di toko memang boleh saja dilakukan namun hal ini tidak akan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Mencampurkan atau menyelingi dengan wet food adalah pilihan yang tepat, merk apapun boleh digunakan asal kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik. Kecukupan ini menjadi hal yang sangat penting untuk anda perhatikan seoptimal mungkin.

Tidak Pernah Dibawa ke Dokter

Tentu saja terkadang perkembangan penyakit atau serangan bakteri dan kutu tidak terlihat secara langsung pada kucing. Kebiasaan yang anda pikir sehat-sehat saja bahkan bisa berkembang beragam jenis penyakit di dalam tubuhnya. Maka langkah yang paling aman adalah membawanya ke dokter secara rutin dan mengkonsultasikan mengenai pemberian vaksin baik jenis maupun waktunya. Dengan begitu kucing anda akan lebih terhindar dari berbagai macam penyakit yang juga mungkin saja dapat membahayakan anda serta keluarga di rumah.

Membiarkan Kucing Malas-Malasan

Mungkin akan terlihat lucu jika saat memelihara kucing dimanjakan dalam pangkuan kemudian peliharaan ini akan semakin gemuk dan hanya bermalas-malasan sepanjang hari. Tentunya meskipun terlihat lucu namun kebiasaan ini bukanlah hal yang baik untuk kesehatan hewan peliharaan rumahan ini. Memberikan aktivitas fisik setidaknya mengajak bermain antara 10-15 menit setiap harinya dapat menghindarkan dari resiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Sama halnya dengan manusia tentu tidak bisa jika hanya berdiam diri tanpa melakukan aktivitas fisik bisa terus dalam keadaan sehat.

Anda bisa memanjakannya dengan membelikan mainan hewan yang disukai dan menyempatkan waktu untuk mengajak bermain. Selain tentunya diimbangi dengan pola makan yang tepat sehingga kesehatannya bisa terjaga dengan baik.

Dalam merawat hewan peliharaan memang anda akan bertanggungjawab sepenuhnya dalam menjamin kenyamanan, keamanan serta kesehatan hewan tersebut. Maka perhatikan berbagai hal penting yang memang boleh dan tidak boleh dilakukan. Kesalahan yang kecil namun dilakukan secara terus menerus tentu saja akan memberikan dampak yang kurang baik untuk hewan peliharaan tersebut. Tidak perlu khawatir karena seiring dengan anda terbiasa memelihara kucing maka akan semakin mengerti.