Beberapa Kucing Asli Indonesia Yang Hampir Punah

Beberapa Kucing Asli Indonesia Yang Hampir Punah – Jenis kucing di Indonesia cukup banyak. Sekitar 40 spesies kucing liar di dunia, 9 spesies ditemukan di Indonesia. Beberapa spesies yang dilindungi diklasifikasikan sebagai spesies endemik Indonesia yang tidak dapat ditemukan di daerah lain.

Kucing yang berbohong adalah jenis kucing yang hidup di alam liar. Spesies kucing ini terkumpul dalam famili Felidae. Keluarga ini mencakup berbagai jenis Kucing Asli Indonesia termasuk kucing besar seperti harimau, singa, macan tutul dan jaguar.

Kucing asli Indonesia

Jenis Kucing Asli Indonesia ini adalah spesies asli Indonesia dan hidup secara alami melawan 9 spesies. Berbagai jenis spesies kucing asli Indonesia adalah:

1. Kucing Congkok atau Leopard Cat (Prionaliurus bengalensis)

Kucing bungkuk adalah spesies kucing berbaring dengan wilayah penyebaran yang luas mulai dari Pakistan, Cina, hingga Filipina, termasuk di Indonesia (Sumatra, Kalimantan, dan Jawa). Ciri khas dari si bongkok ini adalah bulunya yang kuning keabu-abuan dengan pola bintik-bintik hitam di seluruh tubuh macan tutul dan perut serta dada berwarna putih. Munculan masih dianggap aman sehingga Daftar Merah IUCN memberikan status Kepedulian Paling Rendah.

2. Kucing Hutan atau Jungle Cat atau Flat-headed Cat (Prionailurus planiceps)

Kucing hutan adalah jenis kucing liar dengan nama Latin Prionailurus planiceps. Kucing berukuran panjang sekitar 41-50cm dan berat 1m5-2,5 kg tersebar hanya di Semenanjung Malaysia, Sumatra dan Kalimantan. Habitat yang mengalir adalah area lahan basah seperti tepi sungai, rawa, danau dan pantai.

Kombinasi pola dan warna yang unik. Bagian kepala merah secara bertahap menjadi putih di dada, leher dan perut bagian bawah. Kaki, seluruh tubuh, dan ekor berwarna hitam. Telapak yang mudah dipasang, berenang, berenang, berenang, berenang, berenang, Fitur khusus lainnya adalah bentuk kepala yang rata. Daftar Merah IUCN menempatkannya dalam status Terancam Punah.

Adakah Jenis Kucing Asli Indonesia Lainnya yang Teracam Punah?

3. Kucing Bakau atau Fishing Cat (Prionailurus viverrinus)

Kucing bakau tersebar di Asia Selatan dan Tenggara, yang tentunya di Indonesia tersebar di Sumatera dan Jawa. Seperti kucing bengkok, kucing bakau juga suka hidup di tepi sungai dan hutan bakau. Tubuh kucing bakau ini sekitar 57-78 cm dengan panjang ekor 20-30 cm. Beratnya mencapai 5-16 kg. Bulu adalah abu-abu hijau zitun dengan pola berbintik yang membentuk garis memanjang di sepanjang tubuh. Hewan malam ini pandai berenang dan bahkan bisa menyelam untuk mangsa.

Baca juga tentangĀ Panduan Tentang Cara Merawat Bulu Kucing yang Benar!

4. Kucing Merah atau Borneo Bay Cat atau Bornean Red Cat (Pardofelis badia)

Kucing merah (Catopuma badia) endemik di Kalimantan. Tubuhnya membentang 53-67 cm. Ekor panjang 32-39 cm. Beratnya mencapai 3-4 kg.

5. Kucing Emas atau Asiatic Golden Cat (Pardofelis temminckii)

Kucing emas berukuran sedang dengan panjang tubuh 66-105 cm, memiliki panjang ekor 40-57 cm, berat 9-16 kg dan tinggi bahu 56 cm. Wilayah distribusinya mencakup semua Asia Selatan, Cina, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia (hanya di Sumatra). Dengan ukuran yang cukup besar, kucing emas ini mampu memangsa berbagai burung, tikus, reptil, kambing, domba, rusa muda untuk anak-anaknya. Lebih banyak dalam artikel: Kucing Emas.