Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir – Anak kucing yang baru lahir dari ibu mereka membutuhkan perawatan khusus dalam perawatan mereka. Secara umum, induk kucing memiliki peran besar dalam merawat anak-anaknya sendiri. Namun, Anda tetap harus merawat anak kucing. Berikut adalah tips untuk merawat anak kucing yang baru lahir untuk Anda.

Usahakan agar anak kucing yang baru lahir bertemu dengan ibunya. Setelah melahirkan, induk kucing akan sering berada di kandang. Dia baru saja pergi ketika dia ingin mencari makanan dan udara untuk anak-anak. Induk kucing akan selalu Merawat Anak Kucing kucing mereka.

Induk kucing biasanya menjilati tubuh anak-anak untuk membersihkan plasenta yang tersisa di tubuh kambing. Dia menjilat perut anak-anak untuk memberikan bantuan atau stimulasi untuk mengeluarkan kotoran mereka, karena umumnya anak kucing yang baru lahir tidak dapat mengeluarkan kotorannya sendiri.

Hindari kontak langsung dengan anak kucing, karena kucing yang memiliki bau tubuh manusia tidak akan dikenali oleh pemiliknya. Anak kucing yang tidak dikenali akan membuat induk kucing enggan merawatnya. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan saat menyerahkan tubuh anak kucing.

Kehangatan Tubuh Anak Kucing

Anda juga perlu memilih bahwa Merawat Anak Kucing yang baru lahir selalu dalam kondisi hangat, karena tubuh anak yang sangat muda tidak dapat dengan cepat memperbaiki suhu di luar rahim pemiliknya. Anda bisa mengatasinya dengan menyediakan selimut atau syal yang tebal di dalam kandang.

Kondisi hangat juga membuat anak kucing betah dan nyaman saat tidur di kandang. Pastikan Anda membuat tempat yang bersuhu hangat dan hindari cuaca saat hujan. Anda juga bisa menambahkan cahaya pijar dengan cahaya yang tidak terlalu terang sehingga tidak mudah terbakar.

Adakah Cara Lain untuk Merawat Anak Kucing Ini?

Temukan keberadaan sisa-sisa plasenta

Anda dapat membantu memelihara anak kucing, jika Anda memegang kucing, ia tidak bisa menjilat sisa makanan sampai bersih. Plasenta yang tersisa akan sangat berbahaya bagi anak kucing jika dibiarkan dalam waktu yang lama, karena dapat digunakan untuk memperlancar pernapasan anak kucing dan meningkatkan nutrisi yang diterima oleh anak kucing.

Pakailah sarung tangan terlebih dahulu sebelum memperbaiki sisa plasenta. Sarung tangan yang digunakan harus terbuat dari plastik atau kain. Kemudian potong seluruh bidang dan hati-hati dengan sisa plasenta pada anak kucing.

Hubungi Kebersihan Tubuh Anak Kucing

Anda juga harus memperhatikan kebersihan tubuh anak kucing. Kebersihan anak kucing perlu dipertimbangkan, di sekitar perut dan anus, karena secara umum daerah ini dipenuhi kuman yang dapat membahayakan anak kucing.

Baca juga tentangĀ Tips dan Cara Merawat Kucing yang Baru Lahir!

Berikan Susu untuk Anak Kucing

Anak kucing yang baru lahir selalu menyusu ke induknya. Karena itu, kebutuhan gizi mereka dapat terpenuhi dengan baik. Tetapi Anda juga dapat membantu menyediakan susu instan dengan menggunakan beberapa peralatan untuk memberikan susu kepada anak kucing. Jangan memberi ASI terlalu banyak.

Pecinta kucing siap Merawat Anak Kucing yang baru saja lahir. Beberapa contoh cara merawat anak kucing seperti di atas sangat disarankan untuk Anda pemula yang sedang menunggu proses kelahiran dari induk kucing peliharaan Anda.