Inilah 7 Ciri-Ciri Kucing Stres. Nomor 6 Bahaya Bagi Kamu!

Halo kawan kucing! Pernahkah dalam hidupmu merasa stres, sedih, galau? Tentu penah bukan. Karena dalam hidup nggak mungkin seneng melulu. Kalau manusia pernah merasa stres, kucing pun juga demikian. Nah, bagaimana kita mengetahui perasaan itu? Yuk kita kenali ciri-ciri kucing stres berikut ini.

 

Ketika mengalami stres, kucing peliharaan kita biasanya akan mengalami hal-hal di luar kebiasaan kita. Kita pun bingung mengetahui kenapa kucing kita bisa stres?

Perlu diketahui, kalau kucing stres dapat mempengaruhi kesehatan kucing. Hal ini jika dibiarkan bisa memunculkan berbagai penyakit pada peliharaan kita, karena kekebalan imun dan kesehatannya dapat menurun yang disebabkan dari tekanan dalam diri.

Ciri-Ciri Kucing Stres

Berikut ini kita bakal kasih info mengenai ciri-ciri kucing stres. Kalau sudah mengetahui ciri-cirinya, sebaiknya segera ambil tindakan yang tepat dan cepat. Apa saja sih ciri-ciri kucing stres? Gimana sih ciri-cirinya? Berikut ini adalah 7 ciri kucing stres.

1. Kebutuhan Seksual

Kucing pun juga memiliki kebutuhan seksual seperti manusia. Kucing yang kurang akan kebutuhan seksual alias sudah lama single, bisa membuatnya depresi dan stres. Biasanya kucing yang sedang mengalami hal ini akan sering keluyuran ke luar rumah untuk cari pasangan. Jadi, jangan heran kalau dia lama nggak balik ke rumah, itu tandanya kucing kamu sedang stres karena sedang membutuhkan pasangan.

Jadi, cara mengatasi agar kucingmu tidak stres karena kebutuhan seksualnya, sebaiknya kamu mencoba mengenalkan kucing yang beda jenis kelamin dan pasangkan dengannya. Ingat, kucing juga memiliki hak dalam memenuhi kebutuhan biologisnya.

2. Grooming Berlebihan

Grooming adalah salah satu aktivitas kucing, di mana ia akan menjilat-jilati bulunya guna mempercantik bulu tubuhnya. Namun, jika si kucing melakukan grooming secara berlebihan dan tidak teratur, bisa saja ini adalah salah satu ciri-ciri kucing stres.

Grooming yang berlebihan bisa membuat bulunya cepat rontok. Bisa jadi di bulunya sedang banyak kutunya. Itulah mengapa dia jadi stres.

Selain menjilati tubuhnya, biasanya dia akan lebih sering menggaruk badannya sampai lecet. Bisa jadi, si kucing sedang terkena penyakit kulit. Jadi, untuk cara mengatasi kucing stres dengan tanda grooming berlebihan adalah dengan membawanya ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan yang tepat dan mendapatkan obat yang dibutuhkan.

3. Mengeong Berlebihan

Ada beberapa jenis kucing yang  dibedakan melalui suara mengeongnya. Umumnya, kucing jenis Bengal, siam, sphinx cenderung bersuara lebih kencang dibandingkan dengan kucing jenis Persia atau Scottish fold.

Nah, kalau kamu sebagai pecinta kucing dan sudah lama memelihara kucing, tentu sudah tahu dong kadar mengeongnya. Kapan ia mengeong, dan kapan ia bersuara manja.

Tapi, kalau kamu merasa kucingmu mengeong lebih berisik dari biasanya, bisa jadi itu adalah tanda bahwa ia sedang stres. Bisa diatakan kalau si kucing sedang ingin berkomunikasi denganmu dan memberitahukan kalau ia sedang kurang enak badan.

Jadi, kalau kamu sudah merasakan ciri kucing stres yang satu ini, sebaiknya segera kamu cek kondisi kesehatannya ke ahlinya. Agar, kamu mengetahui apa penyebab kucingmu bisa stres. Dan apa yang sebenarnya ia adukan ke kamu.

4. Tidur Berlebihan

Seperti jadwal dan kadar mengeong, tentu kamu juga tahu kapan biasanya kucing kamu tidur dan berapa lama durasinya ia tidur.

Perlu diketahui, kalau kamu merasa kucing kamu tidur berlebihan alias dalam durasi waktu yang lebih lama dari biasanya, bisa jadi ini adalah tanda-tanda bahwa kucing kamu sedang kurang sehat juga stres.

5. Nafsu Makan Kurang

Layaknya manusia, kucing pun juga akan kurang nafsu makan, jika ia sedang sres. Biasanya kamu sering melihat ia sangat rakus soal makan, tapi kini ia sama sekali nggak nyentuh tuh makanan.

Kalau kamu mulai merasakan tanda-tanda ini, sebaiknya segera cek apa yang sedang terjadi pada kucingmu. Karena bisa jadi ini adalah salah satu ciri-ciri kucing stres  yang disebabkan adanya gangguan pada sistem pencernaannya.

6. Sering Mencakar

Biasanya saat kamu bermain dengan kucingmu, ia akan bertingkah lucu dan menyenangkan. Tapi, jika ia sedang stres, biasanya ia akan sering mencakar dirimu.

7. Sensitif

Ciri-ciri kucing stres selanjutnya adalah sifat sensitifnya bertambah. Dia akan lebih galak dari biasanya. Dan bahkan malas bermain denganmu.

Nah, itulah 7 ciri kucing stres yang perlu kamu ketahui. Jika kamu mulai merasa adanya salah satu dari ciri tersebut muncul pada kucing peliharaanmu, sebaiknya segera atasi dengan menanyakan hal ini pada ahli hewan untuk meihat kondisi kesehatannya. Kamu perlu memeriksa pola makan dan aktivitas kucingmu, agar dia tetap terjaga dan terawat.

winwin