Lucunya Kucing Himalaya

Ada banyak sekali jenis kucing di dunia ini, salah satunya adalah kucing Himalaya. Kucing Himalaya ini bukan ras murni, melainkan hasil persilangan dari  kucing Persia dengan kucing Siam, sehingga memiliki ciri dan spesifikasi yang merupakan gabungan antara keduanya. Untuk lebih jelasnya berikut rincian masing-masing.

Ciri-ciri Kucing Persia sebagai Salah Satu Induk Persilangan Kucing Himalaya

Bentuk tubuh

Kucing Persia bertubuh gempal, pendek besar, gemuk dan memiliki kaki yang kokoh namun pendek, cakar membulat, sehingga agak kesulitan jika melompat tinggi.

Bentuk ciri wajah

Pada umumnya kucing Persia ini berhidung datar sehingga pesek wajahnya tembem dengan bola mata cantik yang lucu, namun ada juga yang tidak terlalu pesek namun tembem juga, sehingga tidak benar-benar datar mukanya jika dilihat dari samping.

Bulu

Kucing Persia berbulu tebal di sepanjang tubuhnya, bisa hingga 3 sentimeter namun ekornya tidak selebat kucing anggora. Warnanya ada yang solid terlihat satu warna, ada juga yang memiliki banyak pola dan warna seperti pola harimau, atau pola marmer dan pola berbintik.

Sifat dan kepribadian

Jenis kucing Persia ini cenderung agak pasif,  manja dan sedikit pemalas, sangat suka duduk dan tidur-tiduran saja, sangat penurut dan tidak terlalu mengganggu dan tidak terlalu banyak merepotkan jika dipelihara.

Ciri-ciri Kucing Siam sebagai Salah Satu Induk Persilangan Kucing Himalaya

Bentuk tubuh

Bentuk tubuh kucing Siam lebih langsing, panjang dan lebih besar, berkaki lebih berjenjang sehingga lebih aktif dan mudah melompat. Kucing ini berasal dari Siam Thailand.

Bentuk wajah

Kucing Siam wajahnya tidak tembem tapi lebih tirus, bermoncong dan berkesan galak, bertelinga berbentuk segitiga sekilas terlihat serupa anjing atau serigala.

Sifat kepribadian

Kepribadian kucing Siam lebih energik, lebih aktif

Bulu

Bulunya lebih pendek dan rata-rata berwarna gelap.

Ciri-ciri Kucing Himalaya

Bentuk tubuh

Ada dua tipe kucing Himalaya, yakni yang didominasi gen dari kucing  Persia sehingga memiliki tubuh gemuk, besar, gempal kakinya pendek, memiliki kesulitan untuk melompat, sehingga sangat tenang dan nyaman jika dipelihara, dan ada juga jenis yang tubuhnya ramping, langsing, dan mampu melompat hingga ketinggian dua meter, seperti kucing Siam.

Bentuk atau ciri wajah

Jenis ultra face hidung wajahnya benar-benar pesek sehingga kelihatannya wajahnya datar jika dilihat dari samping, sangat lucu sekali. Namun ada juga yang tidak terlalu pendek atau pesek, disebut sebagai Himalayan doll face tetap lucu juga wajahnya, sangat menggemaskan.

Bulu dan warna

Kucing Himalaya memiliki warna-warna dengan perbedaan yang sangat mencolok di setiap bagian tubuhnya, sehingga sangat unik, khas dan lucu sekali. Panjang bulunya sebagaimana induk kucing Persianya bisa mencapai dua hingga tiga sentimeter, sangat cantik sekali.

Sifat kepribadian

Kucing Himalaya termasuk sebagai kucing yang mudah bersahabat, tenang, cukup cerdas, cukup aktif dan ramah, sangat ideal dijadikan hewan peliharaan.

Kelemahan

Kelemahan kucing Himalaya ini adalah jika ginjalnya bermasalah, inilah kelemahan kucing Himalaya dari sisi kesehatannya, hasil pengaruh bawaan dari gen induk kucing Persianya. Jika kucing Himalaya ginjalnya terdapat kista maka ia biasanya akan mengalami ciri-ciri gejala sering kehausan atau mengalami dehidrasi, gejala kekurangan cairan, namun sering buang air, tidak bernafsu makan sehingga berat badannya menyusut drastis, waspadailah gejala seperti ini dan segera bawa ke dokter hewan agar dapat diambil solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Kucing Himalaya dijual dengan harga cukup mahal, yakni sekitar 1 juta rupiah hingga 7 juta Rupiah, tergantung pola dan warna bulunya. Matanya bulat cantik sehingga membuat gemas orang yang melihatnya. Nah jika Anda tertarik kucing Himalaya ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan hewan peliharaan Anda, sifatnya yang ramah dan bentuk tubuh serta wajahnya yang lucu sangat menyenangkan untuk dijadikan hewan peliharaan.

kucing88.id

kucing siam gemuk

winwin