Panduan Tepat Dari Cara Memandikan Kucing

Sama halnya dengan manusia, kucing pun harus menjaga kebersihan tubuh yang dimilikinya. Namun karena kucing tidak dapat melakukan aktivitas mandi sendiri, maka manusia sebagai orang yang memeliharanya wajib untuk memandikan kucing dengan baik. Lantas bagaimana cara memandikan kucing dengan tepat dan benar? Untuk mengetahuinya simaklah penjelasan berikut ini:

Pada dasarnya cara memandikan itu tidak sulit untuk dilakukan. Namun tidak jarang diantaranya kucing yang takut air dan bahkan berontak saat hendak dimasukkan ke dalam air. Tidak heran jika kemudian banyak pemilik kucing yang terluka karena kucing mulai mencakar. Agar membuat kucing lebih nyaman saat dimandikan maka sebaiknya anda lakukan dulu beberapa bentuk persiapan di bagian bawah ini sehingga proses memandikan kucing pun dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Persiapan wajib sebelum memandikan kucing:

  • Persiapkan ember yang telah diisi dengan air

  • Sediakan shampoo kucing

  • Bedak kucing

  • Sisir

  • Blower atau bahkan hair dryer

  • Cottonbuds

  • Handuk

  • Baby oil

Langkah tepat memandikan kucing:

  • Bagian pertama yang harus anda lakukan adalah membasahi terlebih dahulu seluruh bagian dari tubuh kucing menggunakan air yang telah disediakan dengan merata hingga meresap ke bagian kulit yang dimilikinya. Namun pastikan agar air tersebut tidak masuk ke bagian dalam telinga kucing.

  • Apabila tubuhnya telah dibasahi, maka bagian selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah menggunakan shampoo khusus bagi kucing yang telah disediakan. Pastikan untuk menggunakan shampoo dengan merata ke setiap bagian tubuhnya. Namun hindari area mata, hidung serta mulut. Selain itu pada saat menggunakan shampoo anda juga dapat mengusap bulu tubuhnya dengan lembut dan melakukan pijatan hingga shampoo tersebut merata dan juga meresap hingga bagian akarnya.

  • Apabila penggunaan shampoo telah selesai, maka pastikanlah untuk membilas shampoo serta setiap kotoran yang terdapat pada tubuh kucing itu tadi dengan bersih. Pastikanlah bahwa tidak ada sedikitpun shampoo yang tersisa atau terlewatkan.

  • Setelah itu, keringkan tubuh kucing dengan menggunakan handuk yang lembut serta bersih, kemudian gosok secara perlahan. Lakukan hal yang satu ini hingga bulu pada bagian tubuh kucing tersebut kering. Selain menggunakan handuk, anda juga dapat memanfaatkan penggunaan blower atau bahkan hair dryer yang tentunya dapat membantu bulu kucing mengering dengan lebih mudah.

  • Apabila proses memandikan kucing di bagian atas tadi telah selesai dilakukan, pastikan pula untuk membersihkan bagian telinga yang dimilikinya. Dalam hal ini anda dapat menggunakan cotton buds atau bahkan kapas yang lembab. Selain itu padukan pula dengan penggunaan baby oil, sehingga proses membersihkan telinga pun dapat dilakukan dengan tepat. saat membersihkan kuping, pastikan untuk melakukannya secara perlahan sehingga kucing tidak akan merasa sakit.

  • Semengtara itu, jika anda ingin memotong kuku kucing, maka sebaiknya hal ini dilakukan sebelum proses mandi dimulai. Karena dengan demikian, anda pun dapat meminimalisir luka yang bisa saja ditimbulkan apabila kucing takut masuk ke dalam air dan mulai mencakar saat hendak dimandikan. Akan tetapi bagi anda yang hendak memotong kuku kucing, pastikanlah untuk tidak melakukannya dengan terlalu dalam. Pasalnya kuku kucing itu sendiri dibutuhkan untuk sistem pertahanan diri.

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, dapat anda lihat bahwa dalam proses memandikan kucing ada banyak hal yang harus anda perhatikan dan lakukan dengan lebih teliti, sehingga cara memandikan kucing dengan tepat pun dapat anda lakukan dengan lebih mudah.